5 Tips Merawat Piano Agar Kondisi Tetap Prima

Beberapa Tips Cara Merawat Piano Akustik atau Piano Klasik Agar Suara Tetap Bagus dan Kondisi Tetap Prima – Jaka 081394394696 Konsultan Musik Mantan Guru Piano Klasik.

Tips Merawat Piano
Halo sahabat google terutama bagi anda insan ataupun penyuka musik dimanapun anda berada, pada kesempatan ini saya akan berbagi tips kepada anda insan musik ataupun penikmat musik tentang bagaimana cara merawat piano akustik. Ya mungkin saja diantara sobat semua ada yang sebagai orang tua dimana mempunyai anak yang sedang belajar piano, otomatis anda memiliki piano akustik di rumah dan pastinya juga anda mempunyai kewajiban supaya piano dirumah anda kondisi nya tetap ok. Yuk lanjut aja….

Tips Merawat Piano – Piano termasuk alat musik yang cukup banyak dimiliki terutama orang yang menyukai musik dan bisa bermain piano. Walaupun saat ini sudah ada cukup banyak orang yang memiliki dan bisa memainkan piano, namun tidak banyak orang yang memahami dan mengenal piano secara penuh. Banyak orang yang belum paham bagaimana cara merawat piano dengan benar supaya tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Piano sendiri harus diservis secara berkala agar kualitas suara dari piano tersebut tetap terjaga dan enak didengar. Banyak juga yang memperlakukan piano dengan sembarangan sehingga lebih mudah untuk rusak dan juga menyebabkan masa pakainya menjadi menurun.Piano jenis akustik sendiri dapat bertahan kurang lebih hingga diatas 70 tahun lamanya. Akan tetapi cukup disayangkan banyak yang kurang peduli dan tidak mengetahui cara untuk merawat piano akustik yang mengakibatkan piano tidak bertahan lama. Bahkan mungkin hanya bisa bertahan maksimal 10 tahun saja karena sudah lapuk dan berkarat. Ditambah dengan suaranya yang sudah menurun kualitasnya.

Merupakan tugas kita untuk merawat piano yang kita punya tentunya dengan informasi yang benar dan tetap agar tidak malah membuat baik suara atau kualitas piano menjadi menurun. Oleh karena itu, disini kami akan memberikan informasi mengenai tips merawat piano dengan benar dan tepat. Dengan mengikuti tips dan saran mengenai cara merawat piano dari kami dibawah ini, tentunya masa pakai dari Piano tersebut akan lebih lama dan lebih awet untuk digunakan. Apalagi jika kita sering menggunakannya setiap hari atau sering digunakan secara rutin.

Inilah Cara Merawat Piano Akustik atau Piano Klasik Agar Suara Tetap Bagus dan Kondisi Tetap Prima

Walau sudah cukup banyak orang yang memiliki piano baik akustik maupun elektrik saat ini, namun alat yang satu ini bisa dibilang masih menjadi barang mahal yang tentunya harus diberi perhatian yang khusus dan dirawat dengan baik supaya tetap menghasilkan suara yang indah dan berkualitas.

1. Tuning Piano

Salah satu yang harus dilakukan dalam merawat piano baik itu piano akustik maupun elektrik adalah melakukan proses tuning yang dilakukan secara berkala, bisa setiap 3 bulan sekali atau minimal 6 bulan sekali. Proses tuning dilakukan baik kita sering memainkan piano milik kita ataupun jarang. Hal tersebut karena biasanya walau jarang dimainkan, tetap ada sedikit perubahan dari segi suara. Perubahan tersebut juga bisa disebabkan oleh piano yang digeser atau dipindah-pindah karena getaran. Cara ini dilakukan untuk menjaga agar piano selalu stabil dan tetap prima untuk dimainkan.

2. Scale Piano

Scale piano mungkin lebih umum dilakukan pada piano yang masih baru dan belum disetel suaranya. Piano tersebut biasanya belum digunakan dan mainkan oleh tangan manusia. Kegiatan scale piano dapat mengharmoniskan suara dan membuat suara menjadi tepat. Waktu yang dibutuhkan untuk scale piano biasanya sekitar 1 hingga 3 jam untuk satu unit piano.

Scale piano juga biasanya dapat dilakukan untuk piano lama yang masih mempunyai suara yang cukup baik namun sudah cukup lama tidak digunakan sehingga melakukan scale piano lebih dianjurkan daripada hanya tuning saja. Next kita lanjut ke tips merawat piano agar kondisi tetap prima berikutnya.

3. Overhaul Piano

Overhaul piano adalah kegiatan yang dilakukan ke sebuah piano bermerek yang sudah lama atau piano dengan kondisi bekas dan masih memiliki tampilan yang menarik dan masih memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Kemudian beberapa bagian diganti dengan bagian yang baru.

Tips Cara Merawat Piano Akustik Lainnya Supaya Piano Anda Kondisinya Tetap Prima dan Suaranya Oke

  • Jaga suhu yang ada diruangan tempat kita menaruh piano tetap stabil dan tidak terlalu lembab atau terlalu dingin. Sebaiknya ditaruh ditempat yang tertutup dan diruangan yang menggunakan AC agar suhunya bisa kita jaga dan stabil. Hal tersebut untuk mencegah agar piano tidak mudah berjamur dan berkarat.
  • Jika terpaksa menaruh piano ditempat terbuka atau diruang yang luas seperti ruang tamu, jangan taruh piano didekat jendela ataupun pintu. Hal tersebut berpotensi untuk merusak piano karena udara yang masuk dari pintu atau jendela akan langsung terkena ke piano dan bisa membuat suhu menjadi tidak stabil.
  • Jangan taruh barang yang bersifat cair atau barang berat diatas piano.
Itulah tips merawat piano agar kondisi tetap prima, mudah-mudahan setelah membaca artikel saya ini anda bisa mempraktekan nya pada piano milik anda, supaya kondisi piano akustik anda tetap prima bisa awet dan juga tahan lama untuk digunakan.Terima kasih dan salam musik.

Comments